banner381312836 Anda klik baner ini, isi nama dan email Anda di format order bagian bawah website. Klik order, Buka email Anda. Anda akan dipandu cara mendapatkan 2 juta per hari dengan mudah

Jumat, 27 September 2013

Resep Cara Membuat Sambal Terasi Paling Top dan Lengkap



 
Sambal Terasi sangat beraneka ragam macamnya. Meskipun bahan dasarnya sama-sama dari terasi, tetapi jika cara pengolahan dan campuran bahannya berbeda, akan membuat sambal terasi beragam rasanya. Terasi juga bisa disebut belacan yang pada dasarnya terbuat dari ikan atau udang rebon atau campuran antara ikan dan udang rebon, kemudian difermentasikan. Makanya, ada yang namanya terasi udang dan ada juga terasi ikan. Warnanya agak cokelat kehitaman dan seperi pasta yang dibentuk, namun kadang juga diberi warna agar terlihat lebih menarik. Cara pembuatan terasi itu dengan cara mencuci semua ikan atau udang, lalu dihgarami sebagai pengawet. Ikan atau udang tersebut dijemur sampai setengah kering, baru digiling atau ditumbuk. Dibungkus dengan daun dan dibiarkan selama satu hari, lalu dijemur lagi selama 4 hari, lalu dibentuk dan disimpan selama 1-4 minggu. Wah ribet ya kayaknya, katanya sih, di tempat pembuatan terasi itu baunya gak enak banget. Kalau sudah jadi terasi sih baunya sedap sekali.

Resep cara membuat sambal terasi kali ini terdapat 3 jenis sambal, mulai dari sambal goreng dengan campuran tomat, sambal mentah yang tanpa dimasak, sampai dengan ditambah minyak jelantah. Minyak jelantah itu minyak goreng yang sudah pernah dipakai untuk menggoreng. Minyak jelantah lebih sedap jika bekas untuk menggoreng ikan laut. Terasi juga menjadi bahan untuk penyedap rasa berbagai makanan lainnya. Tidak dipungkiri lagi, bahan tradisional ini memang mampu menjadikan makanan benar-benar lebih enak. Apalagi sebagai campuran sambal.

Sambal Terasi Goreng

Siapkanlah bahan-bahan berikut untuk
membuat sambal :

  • garam sebanyak 1,5 (satu setengah sendok teh)
  • cabe rawit merah sebanyak 10 (sepuluh buah)
  • bawang merah sebayak 5 (lima siung)
  • cabe besar merah sebanyak 10 (sepuluh buah)
  • terasi matang goreng sebanyak 1 sdm (satu sendok makan)
  • tomat merah besar sebanyak 1 (satu buah)
  • gula merah sebanyak 4 sdm (empat sendok amakan)
  • minyak goreng sebanyak 5 sdm (lima sendok makan)
  • serai yang sudah  digeprek sebanyak 1 (satu batang)
  • lengkuas yang sudah digeprek sebanyak 3 (tiga iris)
  • daun salam sebanyak 3 (tiga lembar)
1.  Cabe rawit, cabe merah, terasi dan bawang merah dihaluskan terlebih dahulu, kalau bisa gunakan mixer agar benar-benar halus dan tercampur. Namun jangan terlalu halus juga.
2.  Gorenglah tomat yang sudah diiris-iris, kemudian masukkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi, ditambah dengan daun salam, garam, serai, dan semua bahan-bahan lainnya.
3.  Sambal ditumis dengan api kecil sampai benar-benar matang.
RESEP LAIN KLIK DISINI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar